Diskusi Storytelling Animasi dalam Animasi Club 24

Pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 kemarin, kegiatan rutin bulanan Animasi Club memasuki edisi ke-24. Bertempat di Pendopo Yogyatourium Dagadu, Animasi Club menyelenggarakan pemutaran film dan diskusi Storytelling Animasi bersama Gangsar Waskito (CEO Studio Kasatmata). Meskipun hujan deras mengguyur kota Yogyakarta, terlihat lebih dari 20 penonton hadir ketika acara dimulai pada pukul 19.00 WIB.  Acara diawali dengan pembukaan oleh MC malam itu, Novi Retnosasi dan Ibram Rulianto.

IMG_1661

Animasi Club mengangkat tema Storytelling Animasi sebagai fokus diskusi kali ini. Tema ini diangkat untuk memberikan pengetahuan dan sharing terkait film animasi lebih mendalam. Karena pada umumnya orang-orang beranggapan bahwa animasi hanya sebatas gambar yang digerakan saja, sehingga banyak orang yang belajar animasi hanya sebatas pada teknik. Namun sebenarnya, animasi merupakan media penyampaian cerita yang juga menyisipkan sebuah pesan. Untuk itu, Animasi Club mengundang Gangsar Waskito, seorang visual storyteller untuk mengulik lebih mendalam terkait storytelling.

Seperti biasanya, acara terbagi dalam 2 sesi. Pada sesi pertama, Animasi Club terlebih dahulu memutarkan film-film karya Gangsar Waskito. Ada 4 film yang diputar pada malam itu, diantaranya :

Adit-dan-Pipin

Judul : Aditya dan Putri Matahari
Durasi : 15 Menit


vlcsnap-2019-03-05-19h30m36s152

Judul : Bawang Kembar
Durasi : 18 Menit


vlcsnap-2019-03-05-19h33m49s250

Judul : Heru Show
Durasi : 5 Menit, 28 Detik


vlcsnap-2019-03-05-19h31m33s131

Judul : Ndherek Langkung
Durasi : 7 Menit, 27 Detik

 

Berbeda dari edisi sebelumnya, edisi kali ini jeda antar sesi ditiadakan. Setelah pemutaran pada sesi 1, acara langsung dilanjutkan ke sesi 2, yaitu diskusi. Diskusi ini diawali dengan pengenalan profil pembicara oleh Wildan, moderator pada malam itu.

Setelah pengenalan, sesi diskusi dilanjutkan dengan presentasi Gangsar Waskito. Mulai dari metode penulisan cerita hingga penjabaran pembabakan narasi sebuah film, dikupas tuntas oleh pembicara. Beliau juga tidak ketinggalan untuk membagikan tips dan trik menuangkan cerita ke dalam sebuah film. Walaupun terjadi drama listrik mati dan hujan deras membasahi teras pendopo saat diskusi, tidak menyurutkan hasrat para audiens untuk melontarkan beberapa pertanyaan kepada pembicara.

Setelah sesi diskusi ditutup, acara dilanjutkan dengan presentasi dan pemutaran trailer film ‘KOSONG’ karya Chonie Prysilia dan Hizkia Subiyantoro. Sembari memperhatikan presentasi, para penonton disuguhkan konsumsi yang telah disediakan oleh panitia. Selain itu, presentasi ini juga mengajak para peserta Animasi Club untuk ikut berkontribusi dalam film produksi Hizart Studio ini, dengan cara donasi pendanaan produksi.

IMG_1903IMG_1901

WhatsApp Image 2019-03-25 at 12.53.05

Selepas acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama, beberapa peserta terlihat tetap asyik berdiskusi meskipun ditemani listrik yang kembali mati.

IMG_1905IMG_20190324_011024

 

Ditulis Oleh :

M. Wildan Akifin (Programmer)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Dikelola oleh WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: