Gints Zilbalodis Bikin Film Panjang Animasi 3D, Sendiri!

Seorang animator dari negara Latvia bernama Gints Zilbalodis, 25th, berhasil masuk menjadi nominator pada kategori fitur film, di Zagreb Animation Festival dan Annecy 2019.

Film berjudul “AWAY” ini keseluruhannya dikerjakan oleh Zilbalodis sendiri selama 3,5 tahun.

away_poster1

Gints Zilbalodis (1994) adalah pembuat film dan animator Latvia. Ketertarikannya pada pembuatan film dimulai pada usia dini menonton film klasik dan membuat film pendek dan iklan. Dia telah membuat tujuh film pendek di berbagai media termasuk animasi yang digambar tangan, animasi 3D dan live-action dan sering mencampurkan estetika karakteristik mereka.

Away Trailer 2 from Gints Zilbalodis on Vimeo.

Film ini mulai kerjakannya pada Agustus 2015 dilanjutkan dengan pengeditan (Zilbalodis melakukannya dengan Adobe Premiere Pro) dan suara dan musik (disusun dalam Apple Logic Pro X). Semua prosesnya baru selesai pada Januari 2019, setelah Ia bekerja penuh dalam proyek besarnya ini.

away_stills_00096

Dalam wawancara dengan AWN, Ia mengatakan: “Saya bekerja tujuh hari seminggu, mungkin delapan hingga 10 jam sehari. Biasanya saya mulai ketika saya bangun dan begitu saya lelah saya akan berhenti. Saya tidak mencoba menyelesaikan apa yang telah saya mulai pagi itu. Karena prosesnya sangat lama, saya harus menguatkan diri dan mempersiapkan produksi dalam waktu yang lama. ”

Proses pembuatannya cukup unik, Ia tidak menulis cerita dan membuat storyboard sebelum memulai produksi. Zilbalodis mmebuat sketsa cukup banyak, dan mencari point cerita dengan ‘mengoprek’ kamera 3D dalam software animasi yang Ia gunakan. Teknis utama pembuatan film ini adalah menggunakan 3D realtime engine pada software MAYA dan Eevee Blender.

maya_character

Pada wawancara dengan sebuah medio Online sebelumnya, Ia mengatakan:

Sebelum menulis apa pun saya membuat banyak sketsa, yang pertama terlihat sangat berbeda dari hasil akhir film, tetapi sketsa tersebut membantu menemukan ide-ide baru. Melakukan penelitian itu penting. Saya menghabiskan musim panas terakhir di Islandia untuk perjalanan yang ada hubungannnya dengan film. Saya melakukan beberapa lukisan minyak di sana. Saya berada di gua bawah tanah. Saya menerbangkan pesawat kecil dan duduk di sebelah pilot dan mengamati semua yang dia lakukan. Hanya ketika cerita dan perinciannya diketahui, saya menulis naskahnya. Setelah itu saya membuat storyboard dan concept art tambahan. Ceritanya terus berubah sepanjang produksi, tetapi saya mencoba mempertahankan struktur dasar dari ide aslinya.

Zilbolodis menyampaikan juga bahwa, Ia lebih kesulitasn secara teknis softwares daripada eksplorasi artistiknya. Teknis pada softwares selain harus bisa mendukung logika cerita, juga harus bisa menggambarkan makna cerita secara dalam.

Sebelum film panjang pertamanya ini, Zilbalodis telah merilis 2 film pendek, “AQUA” pada usia 17 dan “PRIORITIES” pada usia 19 tahun.

Aqua from Gints Zilbalodis on Vimeo.

Priorities from Gints Zilbalodis on Vimeo.

Tautan:

Blog: https://gzilbalodis.tumblr.com/

Vimeo: https://vimeo.com/gints

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCQStBFGwHOyBBBAgNaV7UNA


Ditulis dan disarikan oleh: Hizkia Subiyantoro

. . .

Sumber Inspirasi:

Yes, One Animator Made The CG Animated Feature ‘Away’ On His Own

Interview with Gints Zilbalodis – Director of Priorities

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Dikelola oleh WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: