Mengenal Festival Animasi Internasional Hiroshima

Pernahkah Anda mendengar kota Hiroshima? Secara umum, kota Hiroshima dikenal sebagai kota pertama di dunia yang pernah dijatuhi bom atom pada masa perang dunia II tahun 1945. Namun apakah anda tahu bahwa salah satu kota yang terkenal dengan industri tekstil dan karet di Jepang tersebut memiliki sebuah festival animasi bergengsi di dunia?

Namanya adalah Festival Animasi Internasional Hiroshima. Festival tersebut merupakan festival animasi dwi tahunan yang didirikan sejak tahun 1985, dengan bekerjasama bersama Association Internationale du Film d’Animation (ASIFA), dalam rangka memperingati 40 tahun tragedi pengeboman atom di Hiroshima.

thumb1_Hiroshima-Festival-1

Sejak awal, ide pembuatan Festival dengan maskot bernama ‘Lappy‘ ini yaitu untuk mempromosikan pertukaran lintas budaya internasional dalam semangat cinta dan perdamaian melalui pengembangan seni animasi.

1-14

Dedikasi yang besar terhadap perkembangan film animasi dan membawa misi hebat untuk persatuan dunia, membuat Festival Animasi Internasional Hiroshima sekarang menjadi salah satu festival animasi bergengsi yang dihormati di dunia serta memenuhi syarat sebagai Festival Film Pendek Academy Award, bersama dengan Annecy International Animated Film Festival, Ottawa International Animation Festival dan Zagreb World Festival of Animated Film.

Kegiatan Festival Animasi Internasional Hiroshima sekarang sudah memasuki edisi ke-17 dan diselenggarakan pada 23-26 Agustus 2018. Banyak program yang dihadirkan dalam acara ini setiap tahunya, seperti workshop, seminar, exhibition, film market dan lain-lain. Tentu saja fokus dari festival ini adalah kompetisi film animasi yang diikuti oleh pelajar hingga profesional animasi dari seluruh penjuru dunia.

 

Ditulis oleh : M. Wildan Akifin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Dikelola oleh WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: