Skill CG Artist

Bekerja di sebuah studio besar dan mengerjakan proyek-proyek animasi internasional, barangkali adalah sebuah impian ‘sexy’ seorang CG Artist (atau calon). Ada kalanya hal itu membuat mereka, terutama pemula, kurang hati-hati mengambil langkah strategis untuk memulai berkarir. Tak jarang pula kurang tepat memilih jalur untuk meningkatkan skill.

Ada 3 macam skala besar industri dimana animasi termasuk didalamnya. Bidang Film, Game, dan Broadcast (penyiaran). Ketiganya sangat berbeda dan menurujuk ke skill tertentu. Pelajari lebih dalam dan pilih salah satunya. Jangan sampai salah kaprah bahwa animasi hanya dalam film saja. Selebihnya pengalaman langsung terlibat di suat proyek akan sangat membatu. Biasanya sekolah animasi menawarkan kelas karakter animasi, dari mulai desain hingga karakter tersebut hidup dalam film, TV show, dan video games. Hal lainnya adalah membuat storyboard, membuat otomatisasi sistem (rig), rendering dan lighting scenes, ilustrasi background, membuat rambut dan pakaian (cloth simulation), membuat model 3d, dan animasi 2d, atau stop motion animasi.
Banyak pekerjaan bagus membutuhkan ketrampilan teknis dan kreaif, tetapi ada juga secara eksklusif teknis dan ekslusif kreatif (spesialis). Beberapa orang mengkhususkan diri dalam seni animasi, sementara yang lain menjadi technical director.
Berikut beberapa tips berkarir di dunia CG atau animasi yang disarikan dari berbagai sumber.
 

(1 ) Pahami tipe pekerjaan yang akan kamu kerjakan dalam industri animasi dan skill apa yang harus dipersiapkan untuk mendapatkannya. Pilih tipe pekerjaan terbaik yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan.
(2) Carilah guru/mentor di dunia profesional yang lebih dulu berkarir, tanyakan berbagai hal terkait merintis karir di dunia CG. Jika tidak ada koneksi kesana, ikutilah forum-forum CG (lokal atau internasional) dan berkomunikasilah kepada mereka.
(3) Research segala hal mengenai skill yang Anda geluti dan terus berlatih hingga menghasilkan sebuah portofolio menarik dan pantas bersaing. Tingkatkan kualitasnya dengan mengadopsi best CG artwork atau film-film terkenal.
(4) Klarifikasikan mana visi pribadi dan profesional. Tipe project apa yang ingin kamu kerjakan sepanjang tahun tersebut? Lebih tertarik mana antara pekerjaan artistik atau teknik? Pekerjaan tipe mana yang dapat memberimu kepuasan?
(5) Jika ingin memulai dari sekolah, carilah informasi sekolah dan bertanyalah tentang kurikulum, pengajarnya, siswanya,project yang mereka kerjakan, tipe penempatan bagi siswa yang ingin bekerja setelahnya. Kamu harus cari tahu seberapa besar perhatian instruktur terhadap siswa, dan tingkat penempatan kerja sekolah tersebut.
(7) Jika ada tawaran magang, katakan YA!
Biasanya magang memberikan kesempatan untuk belajar lebih banyak secara langsung dalam satu team, dan membuat Anda lebih bertanggungjawab terhadap sebuah proyek. Tipe animasi yang ingin Dikerjakan Banyak sekali macam variasi pekerjaan yang membutuhkan keahlian animasi. Mulai dari bekerja sebagai special effect video, televisi dan advertising, membuat ilustrasi animasi dalam dunia medis, atau animasi dalam arsitektural, dan desainer produk.
Karakter animasi misalnya, memfokuskan secara ekslusif untuk menghidupkan karakter. Pekerjaan ini mengandalkan kreatifitas animator untuk menjadikan karakter tampak hidup melalui gerakan dan ekspresi. Disisi lain seorang Rigger secara khusus membangun struktur pertulangan yang berorientasi teknis yang memerlukan kemampuan untuk membuat alogaritma dan pemrograman secara komplek.
Dalam visualisasi profesional dan simulasi, dimungkinkan untuk melakukan rendering pada arsitektural atau desain interior, landscape untuk taman dan hiburan serta perumahan, dll. Bidang lain seperti simulasi medis, bagaimana menunjukkan teknis bedah kedokteran. Desain mesin dan industri yaitu untuk memvisualisasikan kinerja mesin industri, bagaimana roda dan tuas saling berkaitan. Animasi juga digunakan dalam proses penegakan hukum, misalnya untuk rekayasa ulang di TKP, tentang bagaimana sebuah peristiwa terjadi. Jenis-jenis pekerjaan animasi tersebut Anda perlu pengetahuan yang luas dan terperinci tentang industri animasi. Peran dan keahlian khusus ini sangat penting untuk mendukung baik kesuksesan karir Anda.
Animator 2D
Menggambar karakter, kompisisi, perspektif dan proporsi, garis kerja, struktur dan anatomi dasar. Saat bekerja di bidang seperti animasi, character design,
clean-up, doping, modeling, slugging, and storyboarding.
Animator 2D
Menjalankan software untuk menganimasikan karakter seperti yang dilakukan animator 2D.
Karakter Animator | Character Animator
Membuat akting dan membawa karakter hidup melalui gerakan, ekspresi, tanpa media.
Karakter FX (kain, bulu, dan rambut)
Bertanggungjawab untuk desain simulasi gerakan rambut, kain, dan bulu. Mereka mengembangkan software untuk mempermudah pipeline. Keahlian software, rigging, dan teknik akan sangat membatu untuk jenis pekerjaan ini. Sedangkan alurnya biasanya dari proses modeling, rigging, texturing, animasi, rendering Lighting Supervisor hingga editing dan compositing. Berikut penjelasan singkat mengenai jabatan dalam industri animasi dan deskrisi pekerjaan Consep Artist yang mungkin Anda alami didalamnya.
Membuat tampilan cahaya dengan memakai acuan yang dibuat oleh art director dengan concept art-nya. Menciptakan lingkungan/environment art berdasarkan cerita dan script sehingga tercipta dramatisasi dari sebuah produksi film/animasi. Menvisualisasikan konsep atau ide komplek, background untuk mendukung cerita. Mereka biasanya menggunakan software image editing/painting seperti Photoshop, MyPaint, GIMP, dll.
Modeler
Menciptakan model karakter kedalam bentuk 3D berdasarkan konsep karakter.
Renderer
Mengelola renderfarm, yaitu sekumpulan mesin untuk merender animasi secara lengkap.
Roto Artist
Menggabungkan karakter animasi dengan adegan live-action.
Storyboard Artist
Menafsirkan script dalam bentuk panel-panel visual untuk menyampaikan cerita. Mereka merancang dan mengkoordinir gambar-gambar kecil (thumbnail) untuk perencanaan animasi, mengatur timming dan mengembangkan cerita. Saat merencanakan masa depan Anda adalah ide yang baik untuk berpikir tentang apa yang ada suka dan tidak suka tentang pekerjaan tertentu yang akan dimasuki. Sebelum anda menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk mencoba medapatkannya. Ingat, Anda akan menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam pendidikan yang akan membawa Anda dalam karir tersebut. Hingga Anda dapat mencapainya dan menikmati hasilnya kelak. Waktunya berpikir tentang apa yang ingin dicapai dalam beberapa tahun kedepan.
Lain-lain
Animation Director
Animator
Art Director
CG Supervisor
Character Designer
Cloth Simulation Artist
Compositor
Concept Artist
Creative Director
Effects Designer
Environment Designer
Fur/Feathers FX Artist
Layout Artists
Layout Technical Director (TD)
Modeling Supervisor
Modeling TD
Pre-Vis Artist
Producer
Production Assistant
Rigging Supervisor
Rigging TD
Roto Artist..
Shading TD
Shading/Texture Supervisor
Texture Artist
Video Game Animator
Video Game Artist
Video Game Designer
Video Game Engineer
Video Game Producer
Video Game Programmer
Video Game Technical Director
Visual Effects Supervisor
Water FX Artist
KLARIFIKASIKAN TUJUAN
Kebanyakan orang mempunyai banyak jenis tujuan, termasuk profesional, pribadi, kesehatan, keuangan kebugaran, dan gaya hidup. Pastikan bahwa apapun karir yang Anda pilih akan mendukung dan mengakomodasi semua kehidupan Anda.
Salah satu cara yang terbaik untuk melakukannya adalah menemukan orang-orang yang melakukan pekerjaan yang Anda minati. Membaca dan mewawancarai mereka, mempelajari buku-bukunya, pergi ke seminar-seminar, mengajukan pertanyaan di forum, meneliti blog, dan melihat apa yang mereka lakukan dan katakan. Jika dimungkinkan, menemukan seseorang dengan jabatan yang tepat pada jenis bidang tersebut, dan menawarkan kerja partime atau kerja magang di perusahaan/studio mereka. Jika beruntung Anda bisa mendapat wawancara tentang informasi kehidupan dan sukses storynya, tentu sampai apa yang benar-benar anda harapkan terealisasi.
Hal ini baik untuk menuliskan tujuan anda dan menyempurnakan serta mengumpulkan informasi lebih banyak dari pengalaman. Tidak semua tujuan berbicara tentang cara menghasilkan uang. Bisa berupa ketrampilan baru, menciptakan seni baru, dll.
Ketahui Anda Berada di Indonesia 😉
Jika sudah menemukan tujuan hidup dan itu adalah animasi, maka ingatkah satu hal ini. Kenyataannya Anda hidup di Indonesia! Kenapa?
Karena negara ini masih jauh darikesempurnaan terciptanya sebuah iklim industrianimasiyang baik. Belum banyakprofesionalisme dalam bekerja, terlalu bercabang dalam pikiran sehingga menyebabkan segala sesuatunya kabur dan tidak pasti. Masih sedikit sekolah animasiyang baikatau bahkan belum ada. Jarang yang mau membagikan ilmu animasinya secara cuma-cuma. Minimnya literatur dan dokumentasi workshop atau catatan sebuah project dan masih banyakhal lain. Ini penting!
Bersyukur era sudah berubah ke jaman internet yang membuat semuanya lebih leluasa dan mungkin terjadi. Kenyataanya energi kita terlalu banyak habis untuk hal tidak penting lalu waktu terbuang untuk konsentrasi belajar animasi. Bikinlah demo reel untuk ‘ijasah’ Anda dalam memasuki dunia kreatif ini. Jangan pernah menyerah berpikir, dan mempertimbangkan matang rencana-rencana Anda.
CIPTAKAN RENCANA & SIAPKAN PETA
Sekarang kamu sudah ketahui apa yang diinginkan. Lalu memahami dimana keberadaan kamu sekarang. Maka buatlah peta untuk mendapatkan tujuan akhir kamu. Langkah selanjutanya adalah membuat rencana-rencana spesifik dan detail yang dibutuhkan untuk bergerak lebih cepat dalam meraih mimpi. Berkomitmen untuk mengambil tindakan setiap harinya lebih dekat ke tujuan. Ini membantu Anda fokus dengan apa yang dicita-citakan, sehingga Anda akan mencapai lebih banyak dalam kehidupan. Khususnya animasi.
Menetukan Pendidikan
Silakan renungkan ini:
(1 ) Ketrampilan khusus yang akan dipelajari
Pastikan tempat anda belajar mempunyai banyak bidang dan keahlian animasi yang
fokus dan mengajarkan ketrampilan khusus. Hingga mendukung untuk suskses dalam
berkarir.
(2) Bidang Spesifik
Dalam animasi pun ada banyak bidang spesifik. Kamu akan menemukan berbagai
ketrampilan yang komplek dan perlu waktu khusus. Carilah sekolah yang fokus untuk
bidang tersebut.
(3) Seberapa baik kurikulumnya?
Salah satu cara terbaiknya adalah dengan melihat demo reel yang dihasilkan. Maka kamu tahu seberapa kualtas kurikulumnya.
(5) Pengalaman di dunia nyata?
Profesional yang sudah bekerja dan mempunyai banyak pengalaman di karir animasi.
(6) Model Pembelajaran
Rekaman silabus dan tutorial lengkap sesudah kamu selesi belajar, Ini penting untuk mengingat lagi catatan yang dipelajari, sehingga jika kita sakit atau ada keperluan tak terduga, masih ada backup untuk dipelajari di rumah.
(7) Tanya & Jawab
Kritik adalah interaksi antara pengajar dan yang diajarkan. Metode ini akan mempercepat kualitas kamu dalam belajar dan bersaing.
(4) Siapa yang mengajar?
Pastikan banyak pengajar profesional yang terlibat didalam animasi, bukan pengajar “jadi-jadian” (hanya sekolah belum punya pengalaman terlibat di industri/hanya baca buku teori). Dan Anda benar-benar diajar oleh orang yang tepat sehingga tidak membuang waktu saja. Lalu mereka mengajarkan trik dan memberi tips untuk bisa masuk dan bekerja di industri animasi .
— Semoga bermanfaat
Sumber:
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Dikelola oleh WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: